Pages

Tuesday, March 27, 2018

Instalasi Kabel Monitor Operator Karaoke

Mungkin dengan hadirnya karaoke-karaoke family yang makin menjamur,sedikit banyak mempengaruhi industri tempat hiburan di setiap kota besar.Akan tetapi masih banyak kita jumpai karaoke yang menggunakan jasa Video Jockey alias Operator karaoke.Di kota besar seperti jakarta tempat karaoke dengan jumlah room yang di atas 40 room setidaknya pasti menggunakan jasa karyawan operator karaoke.
Walaupun di dalam room karaoke tamu sudah bisa memilih lagu yang akan diputar menngunakan interface yang ada untuk pilih lagu,apabila tamu hanya pilih lagu barat,lagu indonesia mungkin terbilang mudah jika menggunakan interface di room baik dengan remote,touchscreen ataupun tablet,tapi jika akan memilih lagu mandarin,hokkian atau yang sejenisnya mungkin akan bermasalah dengan ejaan dalam penulisan judul lagu atau penyanyinya.
Maka dari itu akan tetap diperlukan peran operator karaoke untuk mengerjakan tugas tersebut.
Salfatech audio bukan kupas habis tugas operator karaoke,melainkan akan membahas bagaimana instalasi kabel di bisnis karaoke ini,sehingga antara tamu di room karaoke bisa berkomunikasi dengan operator karaoke,ada 2 macam instalasi untuk bisa menjalankan komunikasi ini yaitu sistem analog dan system digital,untuk diagramnya adalah sebagai berikut,:


Dari kedua system ini masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tinggal mau pilih yang mana dalam penerapannya.Yang pertama adalah  komunikasi menggunakan jalur analog.
kelebihannya adalah :
1.Jarang sekali masalah di operational
2.Mudah pengoperasiannya

Kekurangannya :
1.Memerlukan instalasi kabel untuk video dan audio dari operator ke masing-masing room karaoke sehingga memerlukan biaya yang tinggi
2.Instalasi lama karena koneksi kabel yang banyak tarikannya.
3.Rentan gannguan ground looping (Huming / Ngedengung di room karaoke pada saat operator menggunakan microfon),karena ground listrik kurang bagus.dikarenakan selektor operator karaoke groundnya tersambung antara room satu dengan yang lain. (Harus menggunakan selektor yang ground-nya terpisah untuk operator karaoke )

Komunikasi menggunakan jalur digital,kelebihannya adalah :
1.Biaya murah karena instalasi numpang alias ngikut network jaringan komputer karaoke.
2.Instalasi cepat karena tidak banyak lagi kabel yang harus dipasang.

Kekurangannya :
1.Komunikasi antara operator ke room jadi delay,karena system analog dirubah ke jalur digital ngikut ke jalur local area network (LAN) jaringan komputer karaoke,minimal harus menggunakan switch 1000 Mbps untuk jaringan komputer karaokenya.
2.Apabila microfon operator karaoke menggunakan saklar yang analog maka akan kedengaran suara yang mengganggu di room  pada saat on/off microfon. (Di sarankan menggunakan soundcard yang ada saklar digital untuk on/off microfon operator)
3.Yang utama adalah ketersediaan feature komunikasi operator di software karaoke,,atau cari software karaoke yang bisa di custom oleh programmernya.Cara kerja feature ini mirip dengan telepon Voip (Voice over internet protocol) bedanya hanya untuk komunikasi operator menggunakan microfon sedangkan telepon voip menggunakan pesawat telepon.
Demikian ulasan sedikit tentang instalasi operator karaoke,semoga bisa bermanfaat bagi yang belum tahu,,Bagi para master bidang audio mohon tambahan saran..
Ada pepatah mengatakan " Di atas langit masih ada langit ",semoga dengan berbagi ilmu tidak menjadikan kami tinggi hati,bukan menggurui hanya saling berbagi ilmu,terima kasih.

No comments:

Post a Comment